Pages

Ads 468x60px

Thursday, July 3, 2014

Magangers Kompas Muda Batch VI

     Hai! Sebelum cerita, mohon maaf lahir dan batin yaa. Happy first fasting guys
     Nih gue mau cerita tentang 6 hari gue magang di Kompas MuDa. Yuk dibaca..
     Jadi, malem tanggal 15 Juni 2014, gue, Otet (Farhah) sama Maya pergi ke rumah nenek gue di Jakarta. Kita nginep di situ seminggu gara-gara magang ini. Cape boo kalo harus bolak-balik Jakarta-Bekasi... Nah trus besoknya kita bangun pagi-pagi. Semangat baruuu!! Pas udah siap-siap, kita berangkat ke Kompas deh. Yuhuuuu! Kita berangkat naik mikrolet gitu di anterin bokap gue biar belajar buat 5 hari ke depan. Nah udah nyampe di Kompas Gramedia, di tinggal tuh sama bokap gue, trus kita naik ke lantai 5. Eh sebelum naik, kita minta kartu akses dulu. Soalnya kalo ga pake kartu akses gabisa naik../norak/ Pas naik ke lantai 5 kita sempet nyasar tuh ke beberapa ruangan wkwk. Trus ketemu Guntur sama siapa gitu kan, tapi kan kita belum kenal ya yaudah Maya nanya "ka, magang tempatnya dimana ya?" trus dibilang di ruang diklat gitu. Pas udah masuk eh baru nyadar ternyata yg kita panggil itu seumuran dan magang juga wkwk. Lanjut..
     Pas masuk tuh rameeeeee aja. Mukanya asing semua. Ya maklum lah ya, kan menyebar dari SMA di Jakarta, Bekasi, Bandung bahkan ada yg dari Yogya. Wih keren kan jauh banget.. Trus kita di absen sama Mba Lastri & Mas Juni (asik ga salah lg wkwk). Sambil di absen, kita di kasih kaos, pulpen sama buku kecil gitu, unyu bgt deh. Trus kita di suruh ganti baju buat turun ke lapangan futsal di belakang kantor. Di sana kita pertama senam gitu deh, di bagi 4 kelompok buat main games. Seru bangeeet! Katanya sih sengaja main games dulu di hari pertama biar pada akrab satu sama lain atau bisa di bilang team building. Kita main beberapa games, sampe basah-basahan pas games terakhir. Panas bgt tuh gila kaya di berjemur di pantai. Trus kita masuk ke lapangan indoor gitu buat sharing sama makan siang. Abis itu kita ganti baju trus masuk lg ke kelas, di situ udah di tentuin ketua magangers batch VI tuh Ihza/Maul. Di kelas kita di kasih materi-materi dasar jurnalistik, bermanfaat bgt deh ga boong. Trus di bagi jadi beberapa kelompok yg terdiri dari 2-3 reporter, videografer, fotografer sama desainer grafis. Kita tentuin siapa ketua kelompoknya dan siapa yg pegang kartu akses. 1 kelompok cuma di kasih 1 kartu akses tuh sayangnya hiks.. Abis itu kita pulang deh sekitar jam 4 atau 5an..
     Hari kedua taraaa! Berangkat kaya biasa jam 7an trus sampe sana sekitar jam 8an. Karena Maya megang kartu akses, jadi gue sama Otet ga perlu bingung-bingung buat naik ke atas hihihi. Sampe di kelas udah duduk berkelompok buat nentuin nama angkatan, logo angkatan, desain kaos sama tema liputan. Duh pagi-pagi aja udah ribet banget kan. Setelah lama berunding trus kita ngumpulin hasilnya, setelah kumpul semua, di adain voting, buat milih nama/logo angkatan. Nama angkatan dari kelompok gue VIserautiva. Ga ngerti yaaa? Udah lupain aja soalnya kelompok gue kalah hahaha. Dan hasil voting menunjukkan kalo nama angkatan kita "MAXIMUSE" singkatan dari Magangers batch Six Muda Untuk Semua. Abis voting kita turun ke litbang wohooo! Kita juga ke perpus Kompas atau yg biasa di bilang PIK (Pusat Informasi Kompas). Bukunya banyak bgt broo, kalo di jual langsung kaya deh wkwkwk. Abis dari litbang kita ke ruang Redaksi. Kita disana ketemu sama Om Arbain Rambey wuhuu trus pada foto-foto gitu deh. Kan kapan lagi coba.. Trus kita di kasih tau besok embedded sama siapa. Embedded itu kaya ikutin wartawan turun ke lapangan langsung gitu deh. Kan pada dapetnya sendiri-sendiri tuh, alhamdulillahnya gue ga sendiri.. Gue sama Iqbal (fotografer) dapet mas-mas yg sama, Mas Radit namanya. Beliau fotografer Kompas desk DikBud (pendidikan & budaya). Untungnya lagi... Gue sama Iqbal barengan juga tempat embedded nya sama Ambay, cuma bedanya kalo gue & Iqbal dapetnya mas-mas, kalo Ambay dapetnya mba-mba.. Abis di bagiin trus kita pulang deh. Lebih malam dari hari pertama..
     Hari ketiga nih. Pagi-pagi sebelum embedded, kita di kasih materi sesuai jurusan kita masing-masing. Karena gue jurusan videografer, kita (para videografer) dikasih materi sama Mas Eddy, videografer Kompas. Sebelum jadi videografer, beliau seorang fotografer. Kita dikasih materi cara membuat story line biar ga jumper pas buat video. Kita juga di liatin video-video hasil karya beliau, dari timelapse sampe macem-macem deh yg keren abis!!!! Setelah beberapa jam di kasih materi sama Mas Eddy, kita langsung pergi buat embedded. Yuhuuuu! Gue, Iqbal sama Ambay dapet di Museum Nasional, kita janjian di sana sama Mas Radit dan Mba Susi. Kita naik transjakarta ke sana, gue ga ngerti sama sekali sebenernya, tapi untungnya Iqbal sama Ambay ahli dalam soal pertransjakarta-an. Nyampe disana ternyata ada seminar gitu yg ngebahas kemiskinan di beberapa kota/provinsi di Indonesia. Ga jelas gitu sih karena kita bertiga ga ngerti pembahasannya, akhirnya kita di suruh muter-muter musem. Kita muter-muter tuh, gue video-video-in segala macem, Iqbal juga foto-foto-in segala macem, Ambay (reporter) juga nanya dan baca-baca segala macem. Abis muter-muter kita balik lagi ke auditorium tadi buat ngeliput seminar. Jam 3an kita balik deh ke Kompas, eeeeh nyampenya jam 5 lewat kalo ga salah. Nyampe di Kompas, kita sharing gitu. Trus kita fix-in tema liputan perkelompok kita buat besok. Jam 7an kita pulang deh. Cape..
    Hari ke-empat! Hari liputan perkelompok! Gue kelompok 3, terdiri dari gue sendiri (videografer), Disha (fotografer), Nabila (desain grafis), Rachel (reporter), Hilel (reporter) dan Ihza (reporter). Sampe di Kompas pas udah ngumpul semua kita langsung caw (asik). Kita ngeliput tentang liburan anti mainstream yg bermanfaat, gak sekedar buang-buang uang doang. Kita ngeliput ke Kota Tua, Perpus Nasional sama ke Theater Wayang Bharata di Senen, Jakarta. Dari pagi kita berangkat liputan, naik krl sama transjakarta. Cape bgt siang-siang muter-muter di kota tua dan masih ada 2 tempat liputan yg menunggu hikss. Abis dari Kota Tua, kita ke Perpus Nasional sebentar trus langsung ke Theater Wayang Bharata. Setelah 3 tempat tadi udah selesai kita kunjungi, kita balik ke kompas lagi. Nyampe sana kira-kira jam 6. Harus bgt balik lagi soalnya, walaupun males bgt.. Trus abis itu langsung caw pulang deh. Lelah adik, bang..
     Hari ke-lima! Hari ini kita stay di Kompas dari pagi sampe malem buat ngedit semua bahan yang kita dapetin kemarin. Yg reporter sibuk ngerangkai bahasa yg bagus dan baku buat berita.. Yg fotografer sibuk milihin beberapa foto yg bagus buat dipajang di koran.. Yg videografer sibuk ngedit video sampe sebagus mungkin.. Dan yg desain grafis... tugas paling berat seantero jagat rata (lah), sibuk bikin layout buat korannya. Semua bahan dari reporter dan fotografer yg udah jadi langsung di serahin ke desainer grafis buat di masukkin ke layout yg udah dia buat. Ga gampang, berapa kali kita di revisi ulang. Siang sekitar jam 2an, tugas reporter, fotografer dan videografer rata-rata udah pada selesai tinggal desainer grafis yg lagi pada kerja keras. Hari ini juga ada pembuatan video profile angkatan kita yg di buat sama batch-batch terdahulu. Seru yesss. Kita semua deadline jam 6, tapi apa mau dikata di undur 2 jam gara-gara pada belum kelar.. Sampe-sampe ada yg dilanjutin besok pagi lagi karena udah larut malam juga.. Alhamdulillahnya kelompok gue udah selesai sih..(pamer). Trus sekitar jam 9an kita pulang deh tuh.. Pulang termalam...
    Hari ke-enam nih, hari terakhir.. Pas nyampe Kompas sekitar jam 9an di ruang redaksi, eh sialnya koran yg kelompok gue buat susah payah kemarin corrupt. Nyesek gak sih.. Harus di buat ulang jadinya deh. Tapi kita gak sendiri, beberapa kelompok yg lain jg harus di buat ulang karena beberapa masalah.. Jam 10an pas udah selesai semua, kita masuk ke ruang presentasi buat presentasiin koran hasil karya kelompok kita. Ada 6 kelompok di sini, ada beberapa reporter, fotografer, videografer, dan desainer grafis handal Kompas yg juga ada disini buat ngasih kritik dan masukan buat kita nanti, gak lupa, ada Mas Juni dan Mba Lastri juga. Kelompok per kelompok pun maju, tapi karena anggota kelompok gue, Ihza belum dateng, jadinya kita maju terakhir.. Kalo kata Rachel sih "save the best for the last" asikkkk. Pas giliran kita maju, deg-degan lah yaa. Sekitar 15 menit kita ngejelasin di tambah nyetel video kelompok kita. Trus di kasih beberapa kritik dan masukan juga yg bermanfaat banget! Sekitar jam 12 kita selesai presentasi, lalu dilanjutin makan siang. Nah dari jam 1 sampe jam 3 kita dikasih waktu buat revisi koran kita lagi. Nah jam 3 ada acara penutupan. Yah sedih.. Kakak-kakak volunteer dan magangers dari batch I sampe V dateng. Kita sharing pengalaman gitu dehh. Trus ada sesi games, sesi makan-makan, sesi pembagian souvenir dan gaji hihihi:3 dan yg terakhir, sesi foto bareng.. Rusuh bgt pas foto bareng wkwk. Sedih sih harus pisah.. Untungnya kita masik ketemu lg sampe malam inagurasi tanggal 11 Juli mendatang. Whoaa pengalaman liburan (sebenernya sekolah gue pas itu belum libur) yg menyenangkan bgt! Dapet banyak temen baru, banyak souvenir baru wkwk, banyak pengetahuan baru dan banyak pengalaman baru juga yesss! Nih foto MAXIMUSE (Magangers Kompas MuDa batch VI)^^



     

0 comments:

Post a Comment

 
Different Types Of Peace Symbol

Search This Blog